Welcome to our Blog. Any news, discovery, Sains can u find on this Blog. your comment make me so proud. So, what are u waiting for ?. Thanks ^_^
Share |

Senin, 02 Agustus 2010

Kehidupan Penyu

Spoiler for penyu:

Penyu (superfamili Chelonioidea) mendiami seluruh dunia kecuali lautan di Arktik.
Spoiler for distribusi:

Superfamili Chelonioidea ini memiliki distribusi di seluruh dunia. penyu dapat ditemukan di seluruh samudra, kecuali untuk daerah kutub. Beberapa spesies melakukan perjalanan antar samudra. penyu Flatback ditemukan hanya di pantai utara Australia.
Spoiler for biologi:

Sistem Pernapasan
penyu hampir selalu berada dalam air, dan karenanya, telah mengembangkan sistem respirasi anaerobik. Meskipun semua penyu bernapas dengan udara, dalam kondisi buruk mereka mungkin akan mengalihkan sistem respirasi anaerob untuk jangka waktu yang lama. Ketika berada di permukaan untuk bernapas, penyu dapat dengan cepat mengisi ulang paru-parunya dengan ledakan tunggal dan inhalasi cepat. paru-paru besar mereka telah beradaptasi untuk memungkinkan pertukaran cepat oksigen dan untuk menghindari gas yang terperangkap selama penyelaman yang dalam. Namun, penyu harus menuju ke permukaan ketika bertelur, memberikan aktivitas ekstra.

Sejarah Hidup
Menurut SeaWorld, rentang umur penyu adalah 80 tahun

Dibutuhkan puluhan tahun bagi penyu untuk mencapai tingkat kematangan seksual. Setelah kimpoi di laut, penyu laut betina dewasa kembali ke sarangnya di darat pada malam hari. Berbagai jenis kura-kura laut menunjukkan berbagai tingkat kelakuan. Dalam kasus ekstrim, betina kembali ke pantai tempat mereka menetas. Hal ini dapat berlangsung setiap dua sampai empat tahun. Mereka membuat satu sampai delapan sarang per musim.

Betina dewasa bertelur membawa dirinya ke pantai dan menemukan pasir yang cocok untuk membuat sarang. Menggunakan sirip belakangnya, ia menggali lubang melingkar 40-50 cm. Setelah lubang digali, betina kemudian mulai mengisi sarang dengan telur yang bercangkang lunak, satu demi satu sampai sekitar 50 sampai 200 butir, tergantung pada spesies. Beberapa spesies telah dilaporkan untuk meletakkan 250 butir telur, seperti penyu sisik. Setelah bertelur, ia kembali mengisi sarang dengan pasir, dan meratakan permukaan sampai relatif tidak terdeteksi secara visual. Seluruh proses memakan waktu tiga puluh sampai enam puluh menit. kemudian Dia kembali ke laut, meninggalkan telur.



jenis kelamin tukik bergantung pada suhu pasir. pasir putih mempertahankan suhu yang lebih tinggi, dan mengurangi waktu inkubasi juga menghasilkan tukik betina yang lebih banyak.

masa Inkubasi memakan waktu sekitar dua bulan. Telur dalam satu sarang menetas bersama selama waktu yang sangat singkat. Bila sudah siap, tukik merobek cangkang telur mereka menggunakan moncong mereka dan menggali keluar dari pasir. Begitu mereka mencapai permukaan, mereka secara naluri menuju ke arah laut. Hanya proporsi yang sangat kecil dari setiap penetasan (biasanya 0,01%) berhasil, karena predator lokal, seperti burung camar.

Mereka yang selamat kemudian melanjutkan perjalanan ke laut terbuka. Pada tahun 1987, Carr menemukan bahwa Chelonia mydas dan Caretta caretta muda menghabiskan banyak waktu mereka di daerah perairan pelagis dan menggunakan Sargassum yang mengambang sebagai tempat tidur, di mana terdapat rumput laut. Di dalam tempat tidur, mereka menemukan makanan yang cukup. Pada tahun 2007, Reich menetapkan bahwa tukik menghabiskan tahun-tahun pertama dari kehidupan mereka di perairan pelagis. Di laut terbuka, remaja spesies tertentu ditemukan memakan zooplankton dan nekton kecil sebelum mereka bergabung ke dalam padang lamun sebagai herbivora obligat.



Alih-alih bersarang secara individual seperti spesies lain, kura-kura Ridley datang ke darat secara masal, yang dikenal sebagai arribada "kedatangan". hal ini terjadi pada siang hari.
Kelenjar Garam
Penyu memiliki kelenjar garam ekskretoris di sudut mata, di hidung, atau di lidah, tergantung pada spesies. kelenjar garam chelonian ditemukan di sudut mata dalam penyu belimbing. penyu laut melakukan diet garam yang tinggi. ekskresi kelenjar garam chelonian hampir seluruhnya terdiri dari natrium klorida 1500-1800 mosmoll-1.

kura-kura laut yang tertangkap di seluruh dunia, meskipun berburu penyu di berbagai negara dianggap ilegal. banyak penyu laut yang diburu hanya untuk dijadikan makanan.

beberapa bagian di dunia telah lama menganggap penyu adalah santapan. sebuah teks Kuno Cina yang berasal dari abad kelima SM menggambarkan penyu laut sebagai makanan lezat yang eksotis. Banyak masyarakat pesisir di seluruh dunia bergantung pada penyu sebagai sumber protein, mereka sering menangkap beberapa penyu sekaligus dan menjaga mereka agar tetap hidup sampai mereka dibutuhkan. masyarakat Pesisir mengumpulkan telur penyu untuk di konsumsi.

penyu di Meksiko populer sebagai bahan baku boot dan makanan.



Sampai sejauh ini, spesies penyu tertentu tidak ditargetkan dagingnya, tapi kulitnya. Tortoiseshell, sebuah hias dekoratif tradisional yang digunakan di Jepang dan Cina, berasal dari karapas sisik tebal dari penyu sisik. Yunani kuno dan Romawi kuno memproses sisik penyu (terutama dari penyu sisik) untuk berbagai artikel dan ornamen untuk digunakan oleh elit mereka, seperti sisir dan sikat. Kulit dari sirip yang berharga untuk digunakan sebagai sepatu dan berbagai macam barang-barang kulit .

masyarakat kuno Peru menyembah laut dan binatang-nya. Mereka sering menggambarkan penyu laut dalam seni mereka.

Penyu memiliki kekebalan dari sengatan ubur-ubur kotak yang mematikan dan memakannya secara teratur, membantu menjaga pantai tropis yang aman bagi manusia.

Penyu, terutama penyu hijau, adalah salah satu dari beberapa hewan yang makan rumput laut. Rumput laut harus selalu dipotong pendek untuk membantu tumbuh di dasar laut. Penyu bertindak sebagai hewan merumput yang memotong rumput pendek dan membantu menjaga kesehatan tempat tinggal rumput laut. tempat tinggal rumput laut memberikan tempat kimpoi dan dasar perkembangan bagi berbagai jenis ikan, kerang dan crustacea. Tanpa tempat tinggal rumput laut, banyak spesies laut akan hilang, karena akan semakin rendah tingkat rantai makanan. Reaksi ini dapat mengakibatkan lebih banyak spesies laut menjadi langka atau punah.

Pantai dan sistem gundukan tidak mendapatkan banyak nutrisi. penyu pantai menggunakan bukit rendah sebagai sarang dan bertelur. Penyu meletakkan sekitar 100 telur dalam sarang dan berbaring antara 3 dan 7 sarang selama musim panas. Sepanjang 20 mil hamparan di pantai timur Florida penyu meletakkan lebih dari 150.000 kg telur di pasir. vegetasi gundukan mampu tumbuh dan menjadi lebih kuat dengan kehadiran gizi dari telur penyu, sarang yang tidak menetas dan tukik yang terjebak. Sebagian vegetasi bukit pasir tumbuh lebih kuat dan sehat, kesehatan seluruh pantai / ekosistem gumuk menjadi lebih baik. vegetasi dan sistem akar kuat membantu untuk menahan pasir di bukit pasir dan membantu melindungi pantai dari erosi.

Pantai kota, seperti Tortuguero, Kosta Rika, telah dialihkan dari industri pariwisata yang membuat keuntungan dari penjualan daging penyu laut dan kerang untuk ekonomi ekowisata berbasis.Tortuguero dianggap sebagai lokasi pendirian konservasi penyu laut. Pada tahun 1960 budaya permintaan untuk daging penyu, kerang, dan telur dengan cepat membunuh banyak sekali populasi penyu yang bersarang di pantai. The Caribbean Conservation Corporation mulai bekerja dengan masyarakat untuk mempromosikan ekowisata sebagai pengganti permanen untuk berburu penyu.dasar penyu laut bersarang menjadi berkelanjutan. Sejak penciptaan penyu, berbasis ekonomi ekowisata, Tortugero menjadi rumah bagi ribuan wisatawan yang mengunjungi pantai yang dilindungi bagi penyu yang berjalan dan alasan bersarang.

Semua jenis penyu terdaftar sebagai hewan terancam atau hampir punah. penyu belimbing , Kemp's Ridley dan penyu sisik sebagai spesies yang kritis. The Ridley Olive dan penyu hijau yang terancam punah, dan loggerhead adalah terancam.status The flatback tidak jelas karena kurangnya konservasi.

Salah satu ancaman yang paling signifikan saat ini berasal dari metode penangkapan ikan yang tidak tepat. Donnelly poin untuk long-linning sebagai penyebab utama kematian penyu. Ada juga permintaan pasar gelap untuk penyu sebagai dekorasi dan juga untuk kesehatan.

Kura-kura harus menuju permukaan untuk bernapas. mereka Terperangkap dalam jaring nelayan, dan tidak dapat ke permukaan dan menyebabkan penyu tidak bisa bernapas. Pada awal 2007, hampir seribu penyu dibunuh secara tidak sengaja di Teluk Benggala selama beberapa bulan setelah jaring.

Namun, beberapa perubahan yang relatif murah untuk teknik penangkapan ikan, seperti jaring yang berlubang lebih besar dan perangkap yang dapat membuat penyu laut dapat melarikan diri, secara dramatis dapat mengurangi tingkat kematian. Turtle Excluder Devices (TEDs) telah mengurangi bycatch penyu laut di jaring udang dengan persentase 97 persen. Bahaya lain berasal dari sampah laut , khususnya dari jaring ikan yang ditinggalkan di mana mereka dapat menjadi tersangkut.

pembangunan Pantai bidang lain dapat mengancam penyu. Karena banyak penyu kembali ke pantai yang sama setiap kali ke sarangnya, pembangunan dapat mengganggu siklus. Telah ada gerakan untuk melindungi daerah-daerah pantai, dalam beberapa kasus dilakukan oleh polisi khusus. Di beberapa daerah, seperti pantai timur Florida, konservasionis menggali telur penyu dan merelokasi mereka ke pembibitan berpagar untuk melindungi mereka dari lalu lintas pantai.

Sejak tukik menemukan jalan ke laut dengan merangkak menuju cakrawala paling terang, mereka bisa menjadi bingung pada lampu pantai yang membentang. pembatasan penerangan ini dapat mencegah lampu yang bersinar di pantai dan membingungkan tukik.

ancaman lain bagi penyu adalah perdagangan black market. Ini adalah masalah seluruh dunia, terutama di Filipina , India , Indonesia dan negara-negara pesisir Amerika Latin. Perkiraan mencapai 35.000 penyu dibunuh setahun di Meksiko dan jumlah yang sama di Nikaragua. Konservasionis di Meksiko dan Amerika Serikat telah meluncurkan larangan "Jangan Makan Penyu" kampanye ini untuk mengurangi perdagangan produk penyu laut. Promosi ini telah melibatkan tokoh-tokoh seperti Dorismar , Los Tigres del Norte dan Mana. Kura-kura sering dikonsumsi selama musim Prapaskah Katolik, walaupun mereka reptil, bukan ikan.




Perubahan iklim juga dapat menyebabkan ancaman terhadap penyu. Sejak suhu pasir di pantai meningkat, ada kekhawatiran bahwa peningkatan suhu bisa menghasilkan terlalu banyak betina. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami bagaimana perubahan iklim dapat mempengaruhi distribusi jenis kelamin penyu laut dan apa ancaman lainnya yang mengkin ada.



Fibropapillomatosis menyebabkan penyakit tumor pada kura-kura laut.

penyu laut kadang-kadang mengalami cedera kemudian diselamatkan dan direhabilitasi oleh organisasi profesional, seperti Mote Marine Laboratory di Sarasota, Florida, Marine Mammal Center di Northern California, Clearwater Marine Aquarium di Clearwater, Florida, dan organisasi Sea Turtle Inc di South Padre Island, Texas.Satu penyu tersebut, bernama Nikel karena ditemukan sebuah koin tersangkut di tenggorokannya, tinggal di Shedd Aquarium di Chicago .

Di Karibia, peneliti memiliki beberapa keberhasilan. Pada bulan September 2007, Corpus Christi, Texas ,pejabat satwa liar menemukan 128 penyu Kemp's Ridley bersarang di pantai texas, sejumlah catatan, termasuk 81 di North Padre Island ( Padre Island National Seashore ) dan empat di Mustang Island.pejabat Wildlife melepas 10.594 tukik kemp's ridley dari Texas sepanjang pantai tahun ini.

Juga pada tahun 2007, US Fish and Wildlife Service dan Layanan Perikanan Laut Nasional mengeluarkan penetapan bahwa penyu tersebut, penyu sisik dan Kemp's Ridley adalah populasi yang terancam punah sedangkan penyu hijau dan ridleys zaitun terancam.

Di Asia Tenggara, di Filipina telah memiliki beberapa inisiatif menangani masalah konservasi penyu. Pada tahun 2007, provinsi Batangas di Filipina mengumumkan penangkapan dan memakan Pawikans adalah ilegal. Namun, hukum tampaknya memiliki pengaruh yang kecil seperti telur Pawikan masih dalam permintaan di Batangan pasar. Pada bulan September 2007, beberapa pemburu Cina ditangkap dari Pulau Penyu di provinsi selatan negara itu di Tawi-Tawi. Para pemburu telah mengumpulkan lebih dari seratus penyu laut, bersama dengan 10.000 telur penyu.




Penyu memiliki peran kunci dalam dua tipe ekosistem yang sangat penting untuk mereka dan juga untuk manusia dan pantai/bukit pasir. Dalam lautan, misalnya, penyu laut, khususnya penyu laut hijau, adalah salah satu dari beberapa makhluk yang memakan rumput laut yang tumbuh di dasar laut. rumput laut harus dijaga pendek untuk tetap sehat, dan tempat tinggal yang sehat bagi banyak spesies ikan dan kehidupan laut lainnya. Penurunan atau hilangnya tempat tinggal rumput laut akan merusak populasi ini, memicu reaksi berantai dan berdampak negatif bagi kehidupan laut dan manusia.

Pantai dan bukit pasir membentuk ekosistem rentan yang tergantung pada vegetasi untuk melindungi terhadap erosi. Telur, menetas atau tidak, dan tukik yang gagal merupakan sumber gizi untuk gundukan vegetasi. Setiap tahun, kura-kura laut yang bertelur di pantai yang tak terhitung jumlahnya. Sepanjang dua puluh satu mil (32 km) hamparan pantai di Florida saja, misalnya, lebih dari 150.000 pon telur diletakkan setiap tahun.
Spoiler for Taksonomi dan evolusi:

penyu, bersama dengan kura-kura lainnya dan kura-kura, merupakan bagian dari tatanan Testudines .

Ketujuh jenis penyu laut yang hidup adalah: flatback , green sea turtle , Hawksbill , Kemp's Ridley , Leatherback , Loggerhead dan Olive Ridley. Semua jenis kecuali leatherback berada di keluarga Cheloniidae. leatherback adalah keluarga Dermochelyidae dan merupakan anggota satu-satunya.

Spesies dibedakan oleh anatomi mereka: misalnya, sisik prefrontal di kepala, jumlah dan bentuk sisik menebal pada karapas , dan jenis sisik menebal inframarginal pada plastron. The leatherback adalah penyu laut yang tidak memiliki cangkang keras, melainkan beruang mosaik pelat tulang di bawah kulit kasar tersebut. Ini adalah penyu terbesar, berukuran 1,8-2,1 m panjangnya, dan 0,91-1,5 m lebarnya, yang beratnya mencapai 590 kg. spesies lainnya lebih kecil, karena sebagian besar 0,61-1,2 m dan proporsional sempit.

Penyu merupakan radiasi tunggal yang menjadi berbeda dari semua kura-kura lainnya setidaknya 110 juta tahun yang lalu.

4 komentar:

  1. artikel nya lengkap

    bagus nih untuk menambah ilmu pengetahuan

    ngomong2 ttg penyu, orang2 memang aneh

    hewan semakin langka bukannya dilindungi, malah ingin dimiliki sendiri

    BalasHapus
  2. Di beberapa daerah, masih aja ada pemburuan telur penyu.
    Mungkin pepemrintah mesti mempertimbangkan utk memberikan hukuman buat para pencuri telur penyu.

    BalasHapus
  3. Kami tantang para semua yang suka bermain judi online
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    secara gratis.
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    PIN BB : D61E3506
    Whatsapp : +85598249684
    L ine : Sinidomino
    raja poker

    BalasHapus